RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : SD No 05 Padang Alai
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : 2. Memahami al – Qur,an dan al – Hadist sebagai pedoman hidup
Kompetensi Dasar : 2.2 Menjelaskan Pengertian dan fungsi al – Qur,an dan al - Hadist
Alokasi Waktu : 3x35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1.Siswa dapat menjelaskan pengertian dan fungsi al – Qur,an
2.Siswa dapat menjelaskan pegertian al - Hadist
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian (respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Al – Qur,an Dan Hadist
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas tentang pengertian dan fungsi al-qur,an dan al-hadist
2. Siswa berlatih menyebutkan fungsi-fungsi al-qur,an dan al-hadist
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang disampaikan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar materi sebelumnya yang telah disampaikan
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa mengemukakan pendapat tentang definisi hari akhir
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membedakan pengertian al-qur,an dan al-hadist
F Siswa membandingkan al-qur,an dan al-hadist
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan tentang pengertian dan fungsi al-qur,an dan al-hadist
F Siswa diminta menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan menulisnya di buku tugas
Alat/Sumber belajar:
1. Gambar peraga tentang gambaran al-qur,an dan al-hadist
2. Buku pendidikan agama Islam
3. Alquran (juz Amma)
4. Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menjelaskan pengertian dan fungsi al-qur,an Ø Menyebutkan pengertian dan fungsi al-hadist | Tes tulis Tes tulis | Essay Jawaban singkat | Ø Apa yang dimaksud dengan al-qur,an”? Ø Apa yang dimaksud dengan al-hadist”? |
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 3 4 3 2 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI, SD No 05 Padng Alai (AHMAD NURDIN.Spd) NIP/NIK : ........................... | | Pariaman,02 april 2012 Guru Pendidikan Agama Islam ( ZAINI RIZAL ) NIP/NIK : ........................... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar